Senin, 18 Januari 2010

Nato

Macam-macam usaha manusia mencari penghidupan, mungkin sederhana, hanya untuk sesuap nasi, atau bahkan untuk sebuah mobil jenis royale. Namun ketika itu, saya menemukan pemandangan ini, tak lebih dari 100 meter dimana Masjid Agung Bandung berada.

Tato, belakangan menjadi tren dikalangan masyarakat. Sebelumnya, atau bahkan sampai saat ini, tato dinilai identik dengan kriminalitas. Sudah begitu ternyata banyak juga bahaya dari mentato tubuh. Diantaranya karena jarum yang digunakan tidak steril, hal ini bisa jadi penyebab
menularnya penyakit hepatitis, penyakit kulit bahkan HIV. Jika setelah mentato, permukaan kulit yang ditato akan mengalami pembengkakan dan terjadilah infeksi. Sementara kulit yang sudah terkena tato sampai pada bagian dermis atau bagian paling dalam kulit, tidak bisa dikeluarkan lagi. Saat dilakukan penusukan jarum pada kulit bisa terkena MRSA yang merupakan salah satu penyakit kulit yang paling mematikan. MRSA merupakan jenis bakteri yang tumbuh berkembang melalui penindikan tato. MRSA adalah jenis sthapylococcus yang resisten terhadap methicilin. Gejala terserangnya virus MRSA adalah nampak benjolan-benjolan kecil pada kulit sehingga kemungkinan besar menyebabkan radang paru dan kanker darah.

Selain itu dari segi agama, Syekh Yusuf Qardlawi dalam Kitab Al-Halal Wa Al-Haram Fi Al-Islam sangat mengecam keras perbuatan ini. Ia mengatakan bahwa tradisi mentato (wasym) merupakan kebiasaan yang telah terjadi sejak masa jahiliah. Sebagian orang-orang Arab dahulu, khususnya kaum perempuan, mentato sebagian besar badannya. Mereka awali dari kegiatan kecil berupa memberi tanda pada muka dan kedua tangan dengan warna biru dalam bentuk ukiran atau gambar tertentu. Tradisi ini kemudian diikuti para pemeluk agama-agama yang ada pada waktu itu sebagai bentuk persembahan dengan lambang-lambang agama mereka.

Walau begitu, sekarang ini mentato banyak dianggap sebagai usaha seni. Seniman tato seperti ini mungkin juga merupakan usaha yang menjanjikan melihat peminatnya yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Bagaimana dengan anda? tertarik untuk ditato atau mentato?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar